Mengatasi Notebook Komputer Lambat Lemot


Malam Ini Kepikiran Nulis Cara mengatasi komputer lambat/lemot, ini sekaligus menjadi pengalaman pribadi dan mungkin juga banyak yang sama mengalami komputer atau laptop jadi lambat.

Fix Slow Windows

Mengatasi komputer lambat bukan perkara mudah, apalagi untuk sekelas orang yang kurang pengalaman mengatasi masalah komputer seperti saya, dulu ketika komputer laptop saya mulai kena penyakit biasanya saya serahkan ke tukang komputer terdekat, tapi seiring waktu saya pikir-pikir daripada mengeluarkan tambahan biaya lebih baik belajar dari pengalaman dan hasil sekolah sama mbah guru google.com :0

Baiklah sebelum kita ke pokok permasalahan bagaimana mengatasi komputer yang lambat kita kategorikan Dulu Menjadi Dua, yaitu dari sisi Software(perangkat Lunak) Dan Hardware (perangkat keras).

Untuk itu mari kita analisa dulu masalah di sisi Sofware:

Masalah Kebanyakan Program yang Terinstall

Secara umum mungkin sudah banyak yang mengetahui, apabila komputer lambat itu, biasanya banyak sekali aplikasi yang terinstall padahal aplikasi yang banyak di Install tersebut tidak terlalu dipakai, atau bahkan jarang sekali dipakai.
Jadi, menurut saya aplikasi yang tidak terpakai itu, sebaiknya di uninstall saja, supaya kinerja laptop atau komputer menjadi ringan atau wuzz, ini tidak memberikan perubahan yang signifikan komputer laptop jadi lebih cepat, tergantung masalah yang ada pada komputer atau laptop tersebut, kita lanjut kebawah.

Masalah startUp programs dan service yang berjalan berlebihan.

Hal yang satu ini sering terjadi juga karena semakin banyak program yang kita install maka akan semakin berat juga kinerja pada laptop kita. Nah, mulailah pilih-pilih menghindari program yang otomatis jalan waktu windows dihidupkan.

Untuk mematikan Startup Otomatis silahkan Tekan Windows+R setelah itu ketikan "Msconfig" pilih tab startup kemudian, hilangkan centang pada aplikasi yang tidak ingin menampilkan startup pada waktu windows dihidupkan.

Masalah Temporary File yang terlalu banyak.

Ini juga Salahsatu penyebab komputer menjadi lambat adalah karena sudah membengkaknya file-file temporary atau sementara. Untuk pengguna Windows XP lokasi file tersebut ada pada " C:\Documents and Settings\nama_user\Local Settings\Temp" dan"C:\WINDOWS\Temp "
 Untuk membersihkannya silahkan sobat delete file yang tidak terdapat di kedua lokasi tersebut, atau anda bisa menjalankan program Disk CleanUp, caranya klik star-run, ketik: cleanmgr kemudian pilih drive yang akan di cleanup

Kebanyakan program yang berfungsi sebagai security program / Anti Virus.

Security program contohnya seperti antivirus dan firewall yang merupakan aplikasi tambahan yang wajib ada pada komputer anda, tetapi ini jangan terlalu berlebihan misalnya dengan menginstall 2-3 program antivirus sekaligus. 
Untuk masalah security windows tersebut, yang terpenting yaitu lakukan update, setelah itu aktifkan firewall dan silahkan anda gunakan antivirus yang tidak terlalu membebani komputer mislanya anda bisa menggunakan antivirus Avast! karena antivirus tersebut menurut saya cukup ringan.

Masalah Adanya Virus Yang menjangkit Komputer.

ini adalah momok menakutkan bagi komputer, bagaimana tidak, virus sekarang semakin berkembang dan semakin banyak varian baru bermunculan menggantikan pendahulunya yang sudah berhasil di blokir. 
Untuk masalah inveksi virus komputer ini sebaiknya gunakanlah Anti Virus Terbaik (Menurut saya Norton Masih Yang Terbaik) , paling tidak seringlah update av.

Masalah Crash Error System Operasi Windows

System Operasi windows memang masih menjadi pilihan kebanyakan orang, tapi sayangnya sring juga masalah terjadi, apalagi ketika kita sudah lama menggunakan-nya.

Langkah terahir ini juga akan bisa menyelesaikan masalah komputer notebook lambat, hank, lemot jika masalanya pada sisi software. Silahkan Install Ulang System Operasi Windows maka masalah di atas pasti sembuh.

Oke Kita Lanjut Masalah dari sisi Hardware Perangkat keras:

Masalah Memory RAM

Coba Lihat Task Manager caranya: tekan Ctrl+Delete dan lihat disitu ada Physical memory, kalo hampir mencapai 100% anda mungkin membutuhkan upgrade RAM. Untuk itu cobalah cek terlebih dahulu berapa kapasitas memory yang terpasang.

Adanya Masalah pada Hardisk

Komponen kedua setelah RAM adalah hardisk, ini bisa menyebabkan komputer atau laptop anda menjadi lelet atau lambat. Masalah komputer lambat ini bisa disebabkan oleh rusaknya hardisk. Misalnya:
  • hardisk yang sudah lama, sehingga rpm-nya menurun
  • hardisk error / bad sector
  • hardisk yang terfragmentasi
  • hardisk low spaceCara Mengatasi komputer lambat karena masalah hardisk diatas adalah
perbaiki kerusakan pada hardisk dengan tool checkdisk.
lakukan defragmenter pada hardisk secara berkala
upgrade kapasitas hardisk dengan menambah atau ganti hardisk
hindarkan hardisk dari debu, goncangan dan panas berlebih.

Komputer Notebook Kepanasan

Cek juga apakah van kipas prosesor berputar normal atau jangan-jangan kipasnya mati, jika perputaran kipas prosesor normal maka jika komputermengalami kinerja berat dia akan mempercepat putaranya.

Untuk mengatasinya silahkan anda bisa membersikan ata mengganti kipas dan jangan lupa mengganti thermal atau lapisan prosesor.

Demikian dulu artikel kali ini tentang cara mengatasi komputer lambat

0 Response to "Mengatasi Notebook Komputer Lambat Lemot"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel